Sekda : Persoalan Lingkungan Danau Toba Harus Ditangani Bersama

Oleh : Radar Medan | 12 Mar 2020, 17:58:24 WIB | 👁 187 Lihat
Internasional
Sekda : Persoalan Lingkungan Danau Toba Harus Ditangani Bersama

RADARMEDAN.COM, TOBA -  Pencemaran lingkungan menjadi salah satu masalah yang harus segera dituntaskan dalam program pariwisata berkelanjutan. Untuk itu diperlukan keterlibatan semua pihak untuk ditangani bersama-sama.

Hal tersebut salah satu yang mencuat dalam Seminar Internasional Pariwisata Berkelanjutan dan Kualitas Air Danau Toba yang dimoderatori Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina di Aula Kampus Institut Teknologi (IT) Del, Laguboti Tobasa (Toba), Kamis (12/3). Seminar ini juga dalam rangka menyambut kunjungan Raja dan Ratu Belanda yang berkunjung ke sejumlah tempat di Sumut khususnya kawasan Danau Toba termasuk kampus IT Del.

Seminar internasional bertajuk ‘Sustainable Tourism and Water Quality in Lake Toba’ mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk ikut berpartisipasi menjadikan Danau Toba dan kawasan sekitarnya sebagai sumber kehidupan masyarakat dari segala aspek dan potensinya.

Sabrina menyebutkan bahwa masalah utama yang juga mengemuka di diskusi itu adalah program pariwisata berkelanjutan yang difokuskan kepada kualitas air danau. Sebab berbagai sumber pencemaran seperti limbah domestik, perikanan dan pertanian belum diatasi secara menyeluruh sekaligus terintegrasi.

“Banyak sekali sumber pencemaran yang perlu diperhatikan dan ditangani. Jadi bukan dari satu sektor saja, misalnya pertanian, lingkungan hidup, pariwisata dan sektor lain. Untuk itu perlu melibatkan semua sektor untuk bersama-sama mengelola ini,” jelas Sabrina.

Selain itu, Sabrina juga menekankan bahwa selama ini keterlibatan pihak swasta, baik kelompok masyarakat, para penggiat lingkungan hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM) sudah ada sejak lama. Perannya secara tidak langsung membantu program pemerintah. Hanya saja, upaya yang dilakukan belum terkoordinasi maksimal.

“Kita dorong semuanya terintegrasi, bahasa sederhananya gotong royong. Jangan lagi upaya itu seperti ‘kamu di sana aku di sini', masing-masing mengerjakan, tetapi tidak selaras. Kan lebih baik kita saling rangkul untuk bisa maksimal. Kalau itu bisa dilakukan, tentu program (untuk Danau Toba) ini lebih maksimal,” jelas Sekda.

Sementara Asisten Deputi Pendayagunaan Iptek Maritim Kemenko Maritim dan Investasi Neni Hendiarti sebelum membuka seminar menyebutkan keterlibatan perguruan tinggi dalam hal masukan untuk konsep pengelolaan kawasan wisata sangat diperlukan, termasuk juga dalam menghasilkan generasi terdidik di kawasan Danau Toba.

“Ada dua topik yang dibahas, pertama pariwisata berkelanjutan dan kualitas air. Sebab potensi Danau Toba luar biasa, Anugerah Tuhan yang harus kita jaga dan pertahankan, terutama kualitas airnya. Sebagaimana kita tahu, Danau di Indonesia ini multi fungsi. Selain memenuhi kebutuhan air, juga untuk irigasi, perikanan, pembangkit listrik dan seperti di sini untuk pariwisata,” jelas Neni.

Adapun penekanan dalam hal pengelolaan kawasan Danau Toba, Neni mengedepankan keterlibatan sekaligus manfaatnya bagi masyarakat. Karena itu, perlu memperhatikan kepentingan orang banyak, tetapi juga tidak menafikan perlunya peningkatan perekonomian rakyat.

“Memang semua tempat, situasinya adalah belum terkelolanya sampah dengan baik. Kita harapkan di Danau Toba ini bisa kita kelola bersama, khususnya soal sampah plastik. Bagaimana sampah ini bernilai ekonomi dengan melibatkan masyarakat (dalam pengolahannya),” pungkasnya yang juga memuji Kampus IT Del yang asri, bersih dan tertata rapi.

Hadir dalam seminar tersebut, Rektor IT Del Prof Togar M Simatupang, Konsul Kehormatan Belanda Oni Indra Kusuma, sejumlah perwakilan Universitas dari Belanda, pelaku UKM, petani, serta pemateri dari Jakarta. (Humas)/PE


TAG : danau-toba,parawisata,sumut,internasional


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20200602-WA0019.jpg

Karyawan BRI Air Joman Asal Medan Positif Covid-19, Rekan Kerjanya Diisolasi Mandiri

🔖 KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔21:32:53, 02 Jun 2020

RADARMEDAN.COM, ASAHAN - Seorang warga Medan berinial DAP ( 35 ) yang bekerja di BRI Cabang Air Joman dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani uji swab dan kini di rawat di RS Dr. Pirngadi Medan. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar menjelaskan, dari data yang diterimanya, . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1591105373964.jpg

Ungkap Peredaran 35 Kg Sabu Polda Sumut Selamatkan 350 Ribu Jiwa Generasi Muda

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔21:03:14, 02 Jun 2020

RADARMEDAN.COM - Kapolda Sumut pimpin press release pengungkapan 35 kg sabu oleh Polrestabes Medan, 1 tersangka di tindak tegas terukur. Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin M.Si di dampingi Dir Narkoba Polda Sumut, Kabid Humas, Kabid Labfor, Karumkit TK II Medan, Kapolrestabes Medan dan para awak media melaksanakan press release . . .

Berita Selengkapnya
karo17.jpg

Sosok Mayat Ditemukan Depan Rumah Dinas Wakil Ketua DPRD Karo

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:23:09, 02 Jun 2020

RADARMEDAN.COM, KARO - Jelang dini hari di jalan Kesehatan tepatnya depan rumah dinas wakil ketua DPRD Karo ditemukan tergeletak sosok mayat seorang pria yang tersangkut di becak angkutan umum, Selasa (02/06/2020) Penemuan mayat tersebut berdasarkan laporan dari warga T. Surbakti (46) yang sontak kaget saat melihat sosok tubuh . . .

Berita Selengkapnya
sartika.jpg

Viral Dengan Suara Seadanya, Sartika Sinaga Dipoles Pemusik Ini Hingga Keren

🔖 HIBURAN 👤Radar Medan 🕔16:10:14, 02 Jun 2020

RADARMEDAN.COM - Memiliki suara bagus tentu saja keinginan banyak orang, hingga dengan berbagai upaya dilakukan orang mulai dari mengikuti pelatihan, les, mengikuti paduan suara dan kegiatan lainnya yang tidak lain tujuannya adalah salah satunya melatih suara. Namun, selain memiliki suara bagus, faktor pendukung lainnya adalah nyali . . .

Berita Selengkapnya
IMG_20200602_161114_compress85.jpg

Melawan Petugas, Dua Tersangka Penyalahgunaan Narkotika Terpaksa Dilumpuhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔16:15:15, 02 Jun 2020

RADARMEDAN.COM,KARO-Tim Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Karo, berhasil menangkap 3 tersangka penyalahgunaan narkotika jenis sabu, di Jalan Jamin Ginting, Gang Cemara, Pajak Roga Berastagi Kec. Berastagi, Kab. Karo, Senin (01/06/2020) sekira pukul 12.30 WIB. Berdasarkan keterangan yang dihimpun, ketiga tersangka yakni, Elsit Ginting (43) . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1591067090295_compress25.jpg

Kapolsek Lumban Julu Kebumikan Diduga Pasien Covid-19 yang Meninggal

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:09:44, 02 Jun 2020

RADARMEDAN.COM, TOBA - Kapolsek Lumban Julu dan jajarannya melaksanakan penguburan seorang warga yang diduga Covid-19 di Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, pada hari, Senin (1/6/2020), sekira pukul 08.30 WIB . Hal itu dikatakan Kapolsek Lumban Julu, AKP Robinson Sembiring, Senin (1/6/2020). AKP Robinson mengungkapkan, bahwa . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200601-WA0004_compress15.jpg

Libur Covid-19 Usai, Siswa di Labura Kembali Sekolah

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔16:32:26, 01 Jun 2020

RADARMEDAN.COM, LABURA - Proses kegiatan belajar mengajar pada satuan Pendidik di Kabupaten Labuhanbatu Utara mulai kembali dilaksanakan tanggal 2 Juni 2020. Hal ini berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Utara no: 421/ 5/ Disdik/ 2020, hal pelaksanaan kegiatan PBM pasca siaga darurat Covid-19 pada tanggal 28 Mei . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20200601_152527_compress40.jpg

Lepas Asimilasi Lalu, Curi Sepedamotor Ompong Masuk Sel Lagi

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔15:29:32, 01 Jun 2020

RADARMEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Polsek Lubukpakam Polresta Deli Serdang mengamankan seorang pria diduga seusai melakukan tindak pidana pencurian terhadap satu unit sepeda motor, Senin (01/06/20). K Als Ompong, (34 Thn, Pasar VI Kel. Lubuk Pakam III Kec. Lubuk Pakam) harus mempertanggung jawabkan perbuatannya, setelah berhasil diamankan petugas . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20200601_094716_compress67.jpg

Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi Ingin Indonesia Menang Kendalikan Virus Corona

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:59:34, 01 Jun 2020

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Indonesia menjadi pemenang dalam pengendalian virus corona atau Covid-19. Hal itu diucapkannya saat memberikan amanat upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, secra virtual, Senin (1/6/2020). "Menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun pemulihan ekonominya," kata . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20191213-WA0012_compress30.jpg

156 Personil Polrestabes Medan Berganti Jabatan Termasuk Perwira, Ini Namanya

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔08:31:36, 01 Jun 2020

RADARMEDAN.COM - Sebanyak 156 personel jajaran Polrestabes Medan dilakukan penyegaran dari posisi lama ke posisi baru. Mutasi tersebut dalam Surat Telegram bernomor ST/70/V/KEP/2020 tanggal 30 Mei 2020 yang ditandatangani Wakapolrestabes AKBP Irsan Sinuhaji. Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko melakukan mutasi besar-besaran terhadap . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution