Sambut HUT RI Ke-77, Dosen Se-Indonesia Menulis Buku untuk Indonesia Kuat
Indonesia Kuat dengan Merdeka Belajar Wujud dari Gerakan Literasi Menulis

Oleh : Radar Medan | 16 Agu 2022, 08:47:25 WIB | 👁 7641 Lihat
Nasional
Sambut HUT RI Ke-77, Dosen Se-Indonesia Menulis Buku untuk Indonesia Kuat

Keterangan Gambar : Memberikan Buku Indonesia Kuat dengan Merdeka Belajar Kepada Rektor Unhar Medan di Jl. Imam Bonjol No 35 Medan didampingi Dr. Sukarman, Dr. Janner Simarmata, dan Tengku Mohd Diansyah., S.T., M.Kom (Ketua LPPM)


RADARMEDAN.COM - Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI bertema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, sejumlah kademisi lintas perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri mengerjakan penulisan buku secara kolaborasi (15/08/22).

Buku ini diberi judul Indonesia Kuat dengan Merdeka Belajar yang dikerjakan sejak 23 Juli-30 Juli 2022 adalah salah satu wujud dari gerakan literasi menulis. Buku ini diterbitkan pada 8 Agustus 2022 dengan ber-ISBN 978-623-342-565-0 dan ber-E-ISBN: 978-623-342-564-3.

Buku ini terbit atas gagasan dan inisiasi salah satu penulis aktif di Yayasan Kita Menulis Dr Salamun dosen tetap di STIT Pringsewu Lampung.

Salamun menyampaikan penulisan buku ini dipersembahkan sebagai kontribusi aktif dari akademisi dan praktisi pendidikan dalam rangka memajukan mutu pendidikan Nasional. Sekaligus menggiatkan aktivitas menulis dan menggelorakan budaya membaca dan literasi di lingkungan akademisi.

“Diharapkan dengan terbitnya buku ini dapat menambah khasanah literasi dan dapat dijadikan rujukan dalam rangka penulisan buku-buku literasi yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka Belajar,” ucap Salamun.

Sementara itu, Rektor Universitas Harapan Medan, Dr. Sriadhi mengatakan kebijakan pemerintah “Merdeka Belajar - Kampus Merdeka” tentu menimbulkan respon tersendiri bagi para dosen selaku akademisi bagaimana menyikapi, merencanakan, menyusun dan mengimplementasikan sistem dan model belajar yang paling sesuai dengan kebijakan tersebut.

Buku ini menyajikan berbagai pandangan, pemikiran, juga gambaran usulan untuk mengimplementasikan kebijakan MBKM di era teknologi informasi yang sangat cepat berubah dewasa ini.

“Sebagai pendidik profesional, para dosen memiliki kiat dan cara tersendiri untuk menghasilkan output lulusan yang benar-benar sesuai dengan tujuan dan target kebijakan MBKM tersebut,” tambahnya.

Kepada para penulis, penerbit dan semua pihak yang telah dengan sungguh-sungguh menyusun dan menyelesaikan hingga terbitnya buku ini, saya mengucapkan Selamat dan Sukses.

“Semoga segala usaha dan jerih payah yang telah dilakukan menjadi amal kebaikan dan membawa manfaat sebesar-besarnya bagi kemajuan pendidikan dan peradaban,” tandas Rektor Unhar ini.

Founder Yayasan Kita Menulis, Dr. Janner Simarmata mengatakan terima kasih kepada penulis yang berkolaborasi dalam menulis buku ini karena ditulis dengan baik dan terkoordinir.

“Dengan terbitnya buku Indonesia Kuat Dengan Merdeka Belajar semoga dapat membantu Pemerintah dalam rangka mensukseskan Kebijakan Kurikulum Indonesia Merdeka Belajar,” harapnya.

“Mudah-mudahan usaha dari 77 akademisi dan praktisi pendidikan di bawah naungan Yayasan Kita Menulis mendapat sambutan positif dan apresiatif dari kalangan pembaca dan penggiat literasi Indonesia,” tutup Janner. PE/red


TAG : pendidikan,nasional


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

MUST.jpg

Musra Tentukan Arah Dukungan Capres 2024 dan Pembangunan Sumut

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔00:47:00, 31 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Musyawarah Rakyat (MUSRA) se Sumatera Utara akan berlangsung di GOR Futsal Dispora Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Pancing, pada Sabtu 11 Februari 2023 mendatang. Ketua Panitia Musra, TM Yusuf, mengatakan akan menghadirkan empat ribu warga Sumut yang akan menggunakan hak suara memilih Calon Presiden dan Calon Wakil . . .

Berita Selengkapnya
hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo