Pesta Budaya Oang-oang Pakpak Bharat Tahun 2022 Meriah

Oleh : Radar Medan | 11 Okt 2022, 08:25:52 WIB | 👁 6538 Lihat
Seni & Budaya
Pesta Budaya Oang-oang Pakpak Bharat Tahun 2022 Meriah

RADARMEDAN.COM, PakPak Bharat - Perayaan Puncak Pesta budaya Oang-oang Kabupaten Pakpak Bharat berlangsung meriah .Ribuan warga Kabupaten Pakpak Bharat dengan mengenakan pakaian adat suku Pakpak dengan berlatar hitam, bertumpah-ruah memenuhi jalan-jalan protokol di pusat ibu kota Kabupaten Pakpak Bharat. Event tahunan ini dipusatkan di Lapangan Napasengkut Salak (Kasean Banurea). Senin (10/10/22).

Pesta Budaya Oang-oang ini  merupakan rangkaian dari Calendar of Event Pariwisata Danau Toba dan menjadi agenda pariwisata nasional yang bertujuan untuk lebih mengenal secara lebih mendalam tentang budaya Pakpak, menanamkan rasa cinta dan memiliki terhadap budaya tersebut, serta sebagai ajang promosi pariwisata tersebut diramaikan oleh karnaval kenderaan hias dari setiap kecamatan, OPD, dinas vertikal dan dari kelompok masyarakat, bergerak dari pendopo Bupati Pakpak Bharat menuju lapangan Napasengkut Salak.

Desain  kendaraan hias dari para peserta lomba karnaval terlihat begitu menarik dan unik seperti berbentuk rumah adat Pakpak, ikan batang lae (jurung), mejan (Patung)suku Pakpak yang juga dihiasi dengan berbagai ragam hasil bumi dari daerah masing-masing.

Setibanya di Lapangan Napasengkut, rombongan tersebut langsung disambut oleh Bupati Pakpak Bharat Franc Berhnard Tumanggor didampingi oleh ketua TP-PKK, Unsur Forkopimda serta para pimpinan OPD. 

Saat penyambutan rombongan karnaval juga menyerahkan sejumlah oleh-oleh dari berbagai jenis hasil pertanian  daerah masing-masing yaitu Durian, sayur mayur, kerajinan tangan dan berbagai jenis lainnya.

Dalam acara puncak perayaan Pesta Budaya Oang-oang ini juga menampilkan berbagai acara tradisi dan antraksi budaya suku Pakpak berupaya  menggustungken api  yang bermakna untuk menyatukan tekad dan persepsi dalam membangun Kabupaten Pakpak Bharat menuju masyarakat Nduma, mengera-ngera, penampilan tari persentabin, tari-tarian kolosal yang dibawakan oleh pelajar, Moccak (Silat suku Pakpak) serta penampilan antraksi lainnya.

 Tokoh Adat dan Budaya Suku Pakpak, Erah Banurea menyampaikan, demi menjaga dan melestarikan Adat budaya Suku Pakpak, agar  Pemkab Pakpak Bharat agar kedepannya lebih meningkatkan pesta Oang oang ini karena Kabupaten Pakpak Bharat merupakan Kabupaten Benteng terakhir suku Pakpak. Kepada masyarakat, Erah Banurea menghimbau agar masyarakat bisa memberikan masukan masukan positif yang sifatnya membangun demi percepatan pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat menuju masyarakat Nduma.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dalam sambutannnya mengatakan atas nama Pemkab Pakpak Bharat dirinya menyampaikan apresiasi yang setinggi tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pesta Budaya oang-oang seperti panitia ,seniman,serta  masyarakat sebagai wujud kecintaan terhadap budaya Pakpak ditengah keberagaman saat ini, dimana upaya pelestarian dan pengembangan budaya sedang mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah karena budaya merupakan kekayaan bangsa yang perlu dijaga dan dilestarikan. 

Bupati Franc menyebutkan bahwa agenda rutin ini diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas setiap tahunnya. Kegiatan ini sangat khas dan menarik, yang menampilkan kreativitas masyarakat Pakpak Bharat dan inovasi para pencinta seni budaya Pakpak.

Beberapa  warisan budaya telah mendapat pengakuan dari pemerintah Republik Indonesia melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan adalah  makanan khas Pakpak” Pelleng” sebagai salah satu warisan budaya Indonesia dan diperingati setiap tanggal 10 Oktober sebagai hari Plleng Nasional dan pengakuan terhadap Genderang sisibah (alat musik tradisional Pakpak).

“Upaya upaya ini mesti terus kita tingkatkan dan selaku orang Pakpakdan suku lainnya yang tinggal di tanah pakpak agar selalu berperan aktif untuk menjaga dan melestarikan Budaya Pakpak.” katanya.

Pemkab Pakpak Bharat juga memprogramkan pemugaran cagar budaya  seperti mejan,rumah adat, objek budaya, pemugaran ritual ritual budaya dan kerja kerja adat.

Bupati Franc mengajak masyarkat agar Pesta atau kerja Oang-oang ini supaya dijadikan sebagai momentum untuk bangkit bersama dalam menjunjung dan mengembangkan  segenap unsur unsur budaya Pakpak.

“Saya tekankan sekali lagi untuk kita ingatdan kita laksanakan bersama agar setiap tanggal 10 Oktober kita makan pelleng bersama sebagai wujud kecintaan kita terhadap suku Pakpak ini,” ujarnya.

Hadir dalam acara ini Hadir dalam pembukaan dan perlombaan ini, Unsur Forkopimda Kabupaten Pakpak Bharat, Sekda Pakpak Bharat, Unsur Pimpinan Dan anggota DPRD Kab Pakpak Bharat, Ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat, Perwakilan BPODT, perwakilan dari Kabupaten Tetangga, Pimpinan OPD, Para Camat se-Kabupaten Pakpak Bharat, Para Kepala Desa,  Panitia kerja Budaya Oang oang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda serta seluruh peserta perlombaan dan masyarakat.

 Acara ditutup dengan acara hiburan dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba yang telah diperlombakan beberapa hari sebelumnya.MHB/pe


TAG : pakpak-bharat


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo