Ini Dia Trik Membujuk Anak Sarapan Pagi

Oleh : Admin Radar Medan | 23 Feb 2019, 13:51:36 WIB | 👁 653 Lihat
Kesehatan
Ini Dia Trik Membujuk Anak Sarapan Pagi

RADARMEDAN.COM - Menghadapi anak malas sarapan kadang bikin para orangtua jadi jengkel. Bagaimana tidak, Anda mungkin sudah buru-buru menyiapkan sarapan, eh, si kecil malah ogah-ogahan makan. Entah karena tidak suka dengan menu sarapannya atau masih mengantuk. Eits, jangan buru-buru marah dulu. Tarik napas dalam-dalam dan bujuk anak makan dengan trik jitu berikut ini.
Cara menghadapi anak malas sarapan di pagi hari

Sarapan adalah hal terpenting yang tak boleh terlewatkan, khususnya bagi anak-anak. Pasalnya, ada banyak manfaat sarapan pagi yang bisa si kecil peroleh, mulai dari membuat tubuh anak lebih berenergi di pagi hari hingga meningkatkan konsentrasi anak di kelas.

Jika anak malas sarapan pagi, si kecil bisa jadi cepat lapar karena tidak memiliki cadangan energi. Akibatnya, anak malah tidak fokus belajar di kelas dan berdampak buruk pada prestasinya di sekolah. Mau tidak mau, Anda harus putar otak dan menemukan cara supaya anak mau menyantap makanan yang Anda hidangkan sebelum ia berangkat sekolah.

Tenang, berikut ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak malas sarapan.

1. Jangan dipaksa

Meskipun anak malas sarapan, jangan pernah sekali-kali memaksanya makan jika memang ia tidak ingin. Hal ini diungkapkan oleh Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha, selaku dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan metabolik, yang dikutip dari Hello Sehat di fX Sudirman, Jakarta Pusat pada Kamis (21/2).

“Buatlah anak merasa nyaman saat sarapan. Kalau dipaksa, yang ada si kecil malah jadi stres dan tambah malas makan,” ungkapnya. Dr. Lanang kembali melanjutkan bahwa orangtua boleh mengatur menu sarapan untuk anak, tapi biarkan anak mengambil makanannya sendiri. Entah makan langsung banyak atau sedikit demi sedikit, yang penting bukan dengan cara dipaksa.

Namun, ini bukan berarti Anda boleh membiarkan anak makan sambil bermain, menonton TV, atau berlarian, ya. Distraksi atau gangguan semacam ini hanya akan membuat anak lebih fokus pada aktivitas lainnya, bukan menghabiskan makanannya.

Yang terpenting adalah pastikan anak merasa nyaman saat sarapan. Misalnya dengan menemani anak menghabiskan sarapannya, menyiapkan menu sarapan yang menarik, dan sebagainya. Semakin anak merasa nyaman, maka lambat laun si kecil akan terbiasa untuk sarapan dengan keinginannya sendiri.

2. Berikan contoh yang baik

Coba ingat-ingat lagi, apakah selama ini Anda sudah rajin sarapan setiap hari? Kalau belum, maka jangan heran kalau anak malas sarapan juga, sama seperti Anda.

Perlu dicatat bahwa anak adalah peniru ulung. Ya, anak pasti mengikuti perilaku orangtuanya. Kalau Anda ingin si kecil rajin sarapan, maka Anda pun juga tak boleh melewatkan sarapan setiap pagi.

Hal ini diungkapkan oleh dr. Raissa E. Djuanda selaku dokter spesialis gizi klinik yang juga ditemui pada kesempatan yang sama. “Orangtuanya harus kasih contoh. Kalau anaknya saja yang dipaksa, anak akan berpikir, kok, saya (anak) sendiri yang makan tapi orangtua saya tidak. Jadi, peran orangtua juga sangat penting,” ungkap dr. Raissa.

Oleh karena itu, nikmati sarapan Anda bersama si kecil setiap hari. Ketika anak melihat Anda sarapan, maka ia akan belajar dan paham bahwa sarapan itu penting bagi kesehatan. Tanpa disadari, hal ini juga bisa mempererat hubungan antara orangtua dan anak, lho!

3. Sajikan menu sarapan yang menarik

Jangan patah semangat dulu kalau anak malas sarapan setiap hari. Coba sajikan menu sarapan yang menarik supaya anak mau sarapan.

Berikan makanan kesukaan anak, entah itu telur ceplok atau dadar, ayam goreng, sayur bayam, dan sebagainya. Kreasikan makanannya dengan bentuk yang menarik, misalnya mengubah bentuk nasi menjadi bola-bola atau kepala boneka, telur dadar sebagai selimut, dan sayur brokoli sebagai rambutnya.

Berikan menu sarapan yang berbeda-beda setiap hari supaya anak tidak cepat bosan. Kalau hari ini Anda sudah memberikan telur dadar sebagai sumber proteinnya, maka ganti dengan ayam goreng untuk menu sarapan besok.

“Untuk anak usia 2 tahun ke atas, setidaknya harus ada 3 sumber protein dalam menu sarapan anak. Misalnya telur, ikan, dan kacang dalam satu piring. Protein hewani harus selalu ada. Sebab, kandungan makro dan mikronya cenderung lengkap. Tapi kalau bisa lebih banyak, lebih bagus,” ungkap Dr. Lanang.

Kalau Anda tidak sempat menyiapkan sarapan untuk anak, baik karena bangun kesiangan atau buru-buru ke kantor, Anda juga bisa membuat menu sarapan yang mudah dan praktis. Contohnya roti panggang isi telur, sereal, dan sebagainya.

Dr. Raissa punya trik khusus bagi para orangtua yang tidak sempat menyiapkan sarapan untuk anak. “Bisa juga dengan membawakan bekal untuk anak, misalnya buah dan susu. Kalau nggak sempat makan di rumah, bekal ini juga bisa dimakan di kendaraan atau sambil menunggu bel sekolah. Yang penting jangan sampai sarapan terlewatkan,” saran dr. Raissa sembari menutup diskusi.

Nah, jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menyerah saat anak malas sarapan. Dengan membiasakan anak sarapan setiap hari, anak dapat mengawali hari dengan semangat, penuh energi, dan akhirnya berprestasi di sekolah.(helosehat.com)

TAG : kesehatan,nasional


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

MUST.jpg

Musra Tentukan Arah Dukungan Capres 2024 dan Pembangunan Sumut

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔00:47:00, 31 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Musyawarah Rakyat (MUSRA) se Sumatera Utara akan berlangsung di GOR Futsal Dispora Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Pancing, pada Sabtu 11 Februari 2023 mendatang. Ketua Panitia Musra, TM Yusuf, mengatakan akan menghadirkan empat ribu warga Sumut yang akan menggunakan hak suara memilih Calon Presiden dan Calon Wakil . . .

Berita Selengkapnya
hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo