Gubernur Sumut Lantik Tiga Bupati dan Wakil Bupati

Oleh : Admin Radar Medan | 23 Apr 2019, 20:23:52 WIB | 👁 1749 Lihat
Metropolitan
Gubernur Sumut Lantik Tiga Bupati dan Wakil Bupati

RADARMEDAN.COM - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik tiga bupati dan wakil bupati sekaligus, Selasa (23/4) di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan. Gubernur berpesan agar para bupati/wakil bupati periode 2019-2024 yang dilantik itu agar bekerja sama membangun Sumut.

Mereka yang dilantik adalah Ashari Tambunan dan Ali Yusuf Siregar sebagai Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang, Nikson Nababan dan Sarlandy Hutabarat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara, Eddy Keleng Ate Berutu dan Jimmy Andrea Lukita Sihombing sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dairi.

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan, para bupati dan wakil bupati yang baru dilantik agar bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik dalam rangka membangun anak bangsa, khususnya Sumut. “Kita tidak bisa bekerja sendiri, kita perlu bekerja ke samping, ke atas dan ke bawah, kita berkoordinasi dengan baik. Sumatera Utara tak akan bisa disebut Sumut, kalau tidak ada Deliserdang, tidak ada Tapanuli Utara, tidak ada Dairi, inilah Sumatera Utara,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, pelantikan menggunakan sumpah dari 3 agama, yakni Islam, Kristen Protestan dan Katolik. Menurut Gubernur, hal tersebut merupakan kebetulan yang dapat disebut sebagai berkat Tuhan kepada Sumatera Utara. Meski begitu, ditekankannya, bahwa negara Indonesia bukanlah negara agama, namun tetap menjadikan agama sebagai junjungan dalam menjalani kehidupan.

“Kita pastikan negara kita bukan negara agama, provinsi kita juga bukan provinsi agama, kita bernaung pada falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kita sudah mengaminkan bahwa berbeda-beda tapi tetap satu juga, apapun agamanya,” ujarnya.

Terkait hal itu, Edy Rahmayadi meminta kepada seluruh masyarakat Sumut untuk berhenti berselisih antar sesama anak Sumut. “Saya minta ini selesaikan semuanya, perselisihan antara kita di anak bangsa khususnya Sumatera Utara. Mari kita bersatu padu, kita berpegangan tangan dan kita bangun Sumut yang kita cintai ini,” ujarnya.

Di akhir, Edy Rahmayadi berpesan kepada pemimpin daerah yang baru dilantik agar melakukan amanah rakyat dengan disiplin. Dikatakannya, masing-masing pemimpin harus memiliki cita-cita menjadi yang terbaik di Indonesia. “Jadi bekerja, bekerja, sayangi rakyat, karena rakyat yang memilih, karena rakyat memimpikan hidup yang sejahtera,” katanya.

Sementara itu, sebelum memulai pidatonya, Edy Rahmayadi terlebih dulu mengajak para hadirin untuk mendoakan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang yang meninggal dunia, Senin malam (22/4) di Medan.

“Saya mohon maaf, kita perlu berbelasungkawa yang paling dalam, salah satu saudara kita yang memimpin Kabupaten Asahan berpulang ke Rahmatullah, semoga diampuni segala dosa-dosanya dan diterima arwahnya dan amalnya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Edy Rahmayadi, sembari mengajak para hadirin untuk berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, khusus yang beragama Islam untuk membacakan Surah Alfatihah.

Sementara itu, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan yang baru dilantik mengatakan, bersama dengan Wakilnya Ali Yusuf Siregar akan mewujudkan Deliserdang yang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan. “Tentu ini lanjutan program visi-misi 2014-2019, intinya bagaimana meningkatkan sesuai capaian yang dicapai selama ini dan mengupayakan hasil yang maksimal untuk 5 tahun mendatang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deliserdang, Dairi, Tapanuli Utara oleh Ketua TP PKK yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi. Mereka yang dilantik adalah Yunita Ashari Tambunan sebagai Ketua Dekranasda dan TP PKK Deliserdang, Sartika Nikson Nababan sebagai Ketua Dekranasda dan TP PKK Tapanuli Utara, Romy Frida Mariani Simarmata sebagai Ketua Dekranasda dan TP PKK Dairi.

Nawal mengatakan, Ketua TP PKK yang baru dilantik agar dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan ibu dan anak seperti stunting, kematian ibu melahirkan dan tuberkulosis (TB). Untuk itu, Nawal berpesan agar Ketua TP PKK dapat bekerja sama dengan dinas terkait. “Hal tersebut dilakukan agar kita bebas dari permasalahan seperti stunting, kematian ibu melahirkan dan tuberkulosis,” katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Anggota DPR RI Trimedya Panjaitan, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, OPD Pemprov Sumut dan Pemkab Deliserdang, Dairi, Tapanuli Utara. Forkopimda Deliserdang, Dairi, dan Tapanuli Utara. Anggota DPRD Deliserdang, Dairi, dan Tapanuli Utara. Serta para undangan lainnya.(humas Provsu/red)


TAG : sumut


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20230510-WA0003_compress0.jpg

Regulasi Gratiskan Masuk ke Objek Wisata di Bah Damanik

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔15:45:16, 10 Mei 2023

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - adanya dugaan kutipan uang masuk kelokasi objek wisata Bah Damanik sebesar Rp.5.000, - yang dilakukan inisial "MS" tanpa menggunakan tanda terima pembayaran berupa karcis diduga tidak sesuai dengan regulasi pemerintah kabupaten Simalungun, Rabu (10/05/2023).  Atas hal tersebut, awak media . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230510-WA0002_compress11.jpg

Kutipan di Objek Wisata Bah Damanik, Camat Sidamanik: Uang Kebersihan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔15:27:58, 10 Mei 2023

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Kutipan tanpa karcis memasuki objek wisata pemandian bah Damanik ditanggapi oleh camat Sidamanik Linnus Lindung Silalahi, Senin (08/05/2023). Hal ini disampaikan kepada awak media ketika mengkonfirmasi tentang adanya kutipan sebesar Rp.5000, (Lima Ribu Rupiah) di daerah objek wisata bah Damanik melalui pesan . . .

Berita Selengkapnya
partibi.jpg

Kasus Sengketa Lahan Petani di Karo, Hakim Pengadilan Kabanjahe Datangi Desa Partibi Lama

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔14:27:05, 07 Mei 2023

RADARMEDAN.COM, KARO - Dalam perkara gugatan sengketa tanah antara masyarakat desa Partibi Lama yang diwakili Pattuhan Munthe Desa Partibi Lama melawan Bupati Karo dan Menteri Kehutanan RI telah masuk dalam agenda sidang lapangan (pemeriksaan setempat) yang telah dilaksanakan pada Hari Jum'at (5/5/2023). Sidang lapangan tersebut . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230507-WA0016.jpg

Meledak, Empat Pekerja PKS PT HPP Tewas Terpental dari Atap Tangki Limbah

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:09:28, 07 Mei 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU- Empat karyawan PT CB Polaindo tewas terpental diduga akibat kecelakaan kerja yang terjadi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Hijau Prian Perdana (HPP) yang berlokasi di Desa Sei Rakyat Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (6/5/2023). Keempat korban yakni R (47) warga Jln Marelan 5 Medan Marelan, H . . .

Berita Selengkapnya
PWI-UKW-696x370.jpg

Ini Daftar Peserta Lulus Ujian PWI Sumut Angkatan 55-56 Tahun 2022

🔖 KOMUNITAS 👤Radar Medan 🕔10:39:20, 04 Mei 2023

RADARMEDAN.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 55-56 Tahun 2022 bekerja sama dengan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut di Swiss-Belinn Hotel Medan, Jalan Gajahmada, 27-28 Desember 2022 lalu. Informasi yang diperoleh media ini Kamis 04/05, 19 orang . . .

Berita Selengkapnya
akbp.jpg

Usai Sidang Kode Etik, Diberhentikan Tidak Hormat, AKBP Achiruddin Ajukan Banding

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:07:00, 03 Mei 2023

RADARMEDAN.COM -  Setelah dinyatakan bersalah dan diberi sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dalam sidang kode etik Bid Propam, Selasa (2/5/2023) lalu, pihak AKBP Achiruddin Hasibuan mengajukan banding. "Saudara AKBP AH ini, ajukan banding," kata Kabid Propam Polda Sumut, Kombes Pol Dudung, kepada wartawan di . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20230430-200402_Instagram_compress64.jpg

Banjir Bandang Landa Sembahe, 1 Unit Mobil Terseret Banjir

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔20:30:34, 30 Apr 2023

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Curah hujan tinggi di dataran tinggi Tanah Karo mengakibatkan luapan air terus membesar. Hal ini mengakibatkan di hilir hingga Sembahe alami banjir bandang, Minggu 30/4/2023 sore. Informasi yang diperoleh wartawan media ini, banjir mengakibatkan jalanan macet panjang, dan diketahui satu unit mobil putih . . .

Berita Selengkapnya
lombadairi.jpg

Lestarikan Kearifan Lokal, Guru Sidikalang Gelar Lomba Bertutur Cerita Rakyat Dairi

🔖 SENI & BUDAYA 👤Radar Medan 🕔13:16:14, 29 Apr 2023

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Kelompok Kerja Guru (KKG) kelas III se-Kecamatan Sidikalang melakukan lomba bertutur cerita rakyat Dairi "Legenda Danau Sicike-cike" yang ditulis Ketua Umum Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB LKP) Aslim Padang, Jumat (28/4/2023), di halaman SD Swasta HKBP Sidikalang. Ketua KKG kelas III, Iko Arta . . .

Berita Selengkapnya
pbd.jpg

Penerimaan Peserta Didik Baru Dilaksanakan Pada Awal Mei

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔23:23:00, 28 Apr 2023

RADARMEDAN.COM - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMK/SMA Negeri di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan digelar pada Mei 2023. Daya tampung yang disiapkan untuk siswa baru tersebut sekitar 158.591 orang. “Daya tampung untuk jenjang SMK/SMA Negeri tahun ini sekitar 158.591 siswa,” ujar Kepala Dinas . . .

Berita Selengkapnya
WhatsApp_Image_2023-04-27_at_3_34_33_PM.jpg

Presiden Joko Widodo Kunjungi Kediaman Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔20:58:00, 27 Apr 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkunjung ke kediaman Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2023).  Kunjungan Jokowi dan Iriana merupakan kunjungan silaturahmi dan ber-halalbihal dalam . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo