Terima PLN SUMUT, Wagub Ingatkan Pentingnya Sosialisasi Kebijakan Terkait Kenaikan Listrik

Oleh : Radar Medan | 17 Jun 2020, 09:13:42 WIB | 👁 210 Lihat
Ekonomi
Terima PLN SUMUT, Wagub Ingatkan Pentingnya Sosialisasi Kebijakan Terkait Kenaikan Listrik

Keterangan Gambar : Wagub Sumut Musa Rajekshah menerima audiensi Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Sumut Chairuddin bersama pejabat lainnya, di Rumah Dinas Wagub Jalan Teuku Daud Medan, Jumat (12/6)


RADARMEDAN.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menerima audiensi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut terkait permasalahan tagihan listrik bulanan yang saat ini tengah ramai menjadi pembicaraan di masyarakat luas. Atas hal itu, akan disampaikan kebijakan keringanan sebagai solusi di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Masyarakat bertanya kenapa ada pembengkakan tagihan listrik. Apakah dari awal tidak disampaikan kalau ada penghitungan rata-rata akibat kebijakan pemerintah. Karena kita tahu soal listrik ini sensitif di masyarakat,” ujar Wagub Musa Rajekshah kepada Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Sumut Chairuddin bersama pejabat lainnya, di Rumah Dinas Wagub Jalan Teuku Daud Medan, Jumat (12/6).

Menurut Wagub, yang terpenting adalah bagaimana pemahaman atas masalah ini bisa disampaikan dan diterima masyarakat, sehingga secara berangsur kondisi tersebut dapat dimaklumi. Karena itu baginya, penting untuk setiap lembaga seperti PLN maupun pemerintahan melakukan sosialisasi.

“Karena suasana Covid-19 ini kan semuanya jadi sensitif, ekonomi terganggu, terus banyak yang tadinya beraktivitas jadi terhenti, ada juga yang dirumahkan. Makanya yang seperti ini gampang ramai kalau ada berita-berita,” jelas Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Tanpa sosialisasi maksimal ke masyarakat lanjut Ijeck, tentu bisa memunculkan spekulasi atau pendapat-pendapat berbeda dan berpotensi menimbulkan keresahan hingga protes di berbagai tempat. Sebab bisa saja ada pandangan, pelanggan itu seperti dibohongi, padahal mungkin keadaannya tidak seperti yang dituduhkan.

“Jadi tagihan itu tidak dinilai mengada-ada. Memang soal kebijakan apapun, harus cepat sosialisasi ke masyarakat, di awal harus gencar. Sebab nanti jika sudah terjadi, sudah banyak berbagai pendapat yang muncul. Mungkin ini ke depan, jadi pelajaran. Agar jika di awal sudah kita sampaikan, kalaupun ada masalah tidak terlalu sulit untuk diatasi,” jelas Ijeck.

Sementara itu Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Sumut, Chairuddin menyampaikan bahwa dalam hal ini ada dua komponen utama soal tagihan, yakni pertama tarif dasar listrik (TDL) dan kedua adalah volume pemakaian (KwH). Namun dirinya memastikan tidak ada kebijakan menaikkan TDL dari pemerintah pusat.

“Dampak dari Covid-19 mulai Maret, kita harus menjalankan protokol kesehatan yakni menjaga jarak dan bekerja dari rumah, anak-anak juga diliburkan dari sekolah. Tentu aktivitas di rumah lebih banyak dan konsumsi listrik lebih banyak. Terjadilah pemakaian di atas normal,” jelas Chairuddin.

Namun yang membuat tagihan bertambah, lanjutnya, petugas pencatat meteran (cater) tidak turun ke lapangan selama pemberlakuan kebijakan protokol kesehatan atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna menghindari penularan. Sehingga PLN melakukan perhitungan rata-rata sebelum petugas kembali mencatat angka stand meter data pelanggan Mei 2020.

“Pada saat dilakukan pembacaan meteran, terjadi selisih yang dari pemakaian rata-rata yang selama ini masyarakat alami. Memang seolah dia merasa memakai seperti biasa dan tidak ada penambahan. Tetapi waktu pemakaian lebih lama. Ditambah lagi Mei kita masuk Ramadan, konsumsinya secara normal itu lebih banyak. Jadi ini yang menjadi lonjakan pemakaian KwH meter,” katanya lagi.

Sedangkan sebagai langkah untuk menyikapi banyaknya keberatan masyarakat lanjutnya, PLN memberikan kebijakan menerapkan skema perlindungan terhadap lonjakan rekening listrik, yaitu yang akan dibayar di Juni ini sebesar 40% dari selisih pemakaian, ditambah pemakaian Mei. Kemudian untuk 60% sisa selisihnya, bisa dicicil selama tiga bulan.

“Bagi masyarakat kami imbau memeriksa rekeningnya jika merasa keberatan, silakan mendatangi kantor-kantor PLN terdekat atau posko. Kami akan jelaskan secara transparan, menyampaikan hitungan-hitungannya,” jelasnya. ** (H13)/Humas/PE


TAG : sumut,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20200715-WA0000.jpg

KPK Datang ke Asahan, Ini Penjelasan Jubir KPK

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔07:00:31, 15 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, ASAHAN - Kedatangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melakukan penggeledahan terhadap rumah seorang kontraktor yang terletetak di Jalan Sisingamangaraja Kisaran, Selasa (14/07/2020).  Terkait penggeledahan tersebut, KPK melalui Juru Bicara Bidang penindakan KPK, Ali Fikri, ketika dikonfirmasi RADARMEDAN.COM . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20200712_180319184_compress91.jpg

Pengunjung Wisata Pantai Sialang Buah Membludak, Tak Indahkan Protokol Kesehatan

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔18:05:56, 12 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, SERGAI - Wisata pinggiran laut dipantai Sialang Buah Teluk Mengkudu Serdang Bedagai, Minggu (12/07/2020) sekitar pukul 14.00 WIB  ramai dikerumuni  ribuan pengunjung dari berbagai daerah Sumatera Utara. Hal ini tampak terlihat puluhan mobil pribadi dan ratusan sepeda motor terparkir disekitaran lokasi wisata tersebut . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20200711_122109_compress13.jpg

Viral di Medsos Mobil RI 2 Isi Minyak Pakai Jeriken, Ini Penjelasan Istana

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔12:27:40, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Di media sosial viral potongan video mobil RI 2, kendaraan dinas Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sedang diisi bahan bakarnya menggunakan jeriken. Diisukan mobil tersebut kehabisan BBM di tengah jalan. Pihak Istana Wapres pun memberi penjelasan. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar sudah mengetahui soal . . .

Berita Selengkapnya
Relawan-Jokowi.jpg

BaraJP Sumut dan Daerah Dukung Langkah Eric Tohir Reformasi BUMN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:58:14, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Barisan Relawan Jokowi Presiden Wilayah Sumatera Utara (BaraJP) Sumut mendukung Eric Tohir benahi BUMN. Hal ini disampaikan Heryanson Munthe, Ketua DPD BaraJP Sumut di Medan menepis adanya relawan Jokowi yang menyudutkan Menteri BUMN. " Sampai saat ini kinerja Menteri BUMN dibawah kepemimpinan pak Eric Tohir masih baik, . . .

Berita Selengkapnya
384a6a26-c24b-4f70-bfa9-12685ecdd14e.jpg

Tiga Wanita Cantik Diringkus di Kawasan Medan Denai Karena Miliki Narkoba

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:44:56, 11 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Tiga Cewek Cantik Miliki Sabu Ditangkap di Medan. Adapun Tiga orang wanita berparas cantik di Medan ditangkap dalam kasus yang diduga terkait dengan kepemilikan narkoba jenis sabu. Wanita ketiga yang ditangkap berinisial LS (34), RAL (29) dan RS (29) warga Kecamatan Medan Denai. “Mereka ditangkap di rumah . . .

Berita Selengkapnya
inCollage_20200710_194440226_compress43.jpg

Ketua Dewan Masjid Karo Tatap Muka Workers Comunity Pemenangan KARO JAMBI - PAULUS SITEPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔19:46:01, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO- Ketua Dewan Masjid Kabupaten Karo, H. Mulia Purba beserta beberapa pengurus Masjid Tatap Muka dengan Workers Comunity Pemenang KARO JAMBI - PAULUS SITEPU, di Berastagi Cotage Jumat (10/7/2020) sekira pukul 14:00 WIB. Usai melaksanakan Sholat Jumat, kedatangan Ketua Dewan Masjid berserta pengurus disambut langsung oleh DR . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200710-WA0022_compress18.jpg

Air Tak Mengalir, Warga Keluhkan Kinerja Tirtanadi Berastagi

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔19:32:02, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM,KARO - Sudah lebih satu pekan air di kawasan desa Merdeka, Gongsol, Surya Indah, jalan Kolam dan kawasan Gundaling, tak mengalir. Akibatnya, warga terganggu dalam urusan mandi, mencuci, terlebih untuk mengikuti anjuran protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 untuk cuci tangan sangat susah. Bukan cuma keluhan yang dilontarkan . . .

Berita Selengkapnya
copot.jpg

Kapolsek Percut Sei Tuan Dicopot, 6 Personel Lainnya Diperiksa

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔08:48:02, 10 Jul 2020

RADARMEDAN.COM - Buntut dari penganiayaan terhadap saksi pembunuhan bernama Sarpan (57) hingga babak belur di Mapolsek Percut Sei Tuan. Kini jabatan, Kapolsek Percut Sei Tuan,  Kompol Otniel Siahaan sebagai Kapolsek Percut Sei Tuan dicopot dan digantikan oleh AKP Ricky Pripurna Atmaja, yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Pidum . . .

Berita Selengkapnya
BlurImage_8-7-2020-7-18-36_compress23.jpg

Diduga Depresi, Ginting Akhiri Hidupnya Dipohon Alpukat

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔19:27:13, 08 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO-Warga Desa Singa Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo tiba-tiba gempar, pasalnya salah satu warga bernama Jainal Ginting (29) ditemukan tergantung di pohon alpukat tepatnya diperladangan juma reba desa Singa. Kejadian ini pertama kali diketahui oleh Hebri Ginting(45) dan Odi Perangin-angin (12) ketika kedua warga tersebut . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200707-WA0036_compress78.jpg

Bupati Dairi Tegaskan Pelantikan Pejabat Tidak Ada Mahar atau Upeti yang Harus Dibayar

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:01:11, 08 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu melantik pejabat pimpinan tinggi pratama (setingkat eselon II) dan administrator (eselon III), di Gedung Balai Budaya, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Selasa (7/7/2020) sore.  Menurut Bupati, pelantikan ini merupakan tuntutan kebutuhan organisasi yang segera harus . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution