Prasetiya Mulya Menjawab Tantangan Hukum Bisnis Internasional

Oleh : Admin Radar Medan | 24 Nov 2019, 17:16:19 WIB | 👁 1451 Lihat
Pendidikan
Prasetiya Mulya Menjawab Tantangan Hukum Bisnis Internasional

Keterangan Gambar : Guest Lecture di Universitas Prasetiya Mulya


RADARMEDAN.COM - Di Indonesia, perkembangan bisnis dalam kurun waktu satu dekade terakhir telah memasuki babak baru dengan semakin berkembangnya bisnis dan transaksi internasional yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Sengketa bisnis yang melibatkan perusahaan asing dan perusahaan lokal pun makin marak. Sengketa bisnis yang melibatkan pelaku bisnis internasional tidak jarang berujung pada arbitrase internasional.

Terbukti, jumlah kasus sengketa bisnis yang melibatkan perusahaan Indonesia di tingkat arbitrase internasional pun semakin meningkat tajam. Ditemukan ada 62 kasus yang melibatkan perusahaan Indonesia di Singapore International Arbitration Centre (SIAC). Jumlah itu melonjak drastis dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, pada tahun 2017 hanya ada 32 kasus yang melibatkan perusahaan Indonesia di SIAC. Jumlah 62 kasus itu menempatkan Indonesia menjadi negara nomor 5 yang paling banyak berperkara di SIAC, setelah Amerika Serikat, India, Malaysia, dan China (Sumber: kontan.co.id).

Kondisi ini sangat membutuhkan pemahaman praktek atas hukum bisnis internasional. Hukum bisnis internasional sebagai pedoman dan sumber hukum dalam penyelesaian konflik atau sengketa  yang terjadi. Berdasarkan fakta ini, hukum bisnis internasional hadir sebagai suatu disiplin ilmu berkembang secara pesat dalam jangka waktu satu dekade terakhir.

Universitas Prasetiya Mulya menjawab tantangan perkembangan Bisnis dan Hukum Bisnis Internasional dengan menyelenggarakan Program Studi Sarjana International Business Law (S1 IBL). Atur Tetty Lubis, MBA, LL.M. selaku Kepala Program Studi S1 International Business Law menerangkan, S1 IBL menggunakan pendekatan praktikal, komparatif dan kolaboratif. Sistem hukum di dunia terbagi dalam dua kategori dominan, common law dan civil law system. Akan tetapi pengaruh globalisasi dan dengan semakin tingginya transaksi trans nasional maka sistem hukum yang dipakai di berbagai negara menjadi fluid. Lulusan hukum binis internasional harus memiliki pengetahuan yang kuat mengenai kedua sistem hukum tersebut.

“Legal sensing and legal enriching through practical approach menjadi highlight program S1 IBL, sehingga dalam setiap mata kuliah mahasiswa akan melakukan kunjungan industri (law firm, international institution and Multi-National Companies) serta sesi kuliah tamu oleh praktisi/ahli hukum dengan topik aktual dan relevan. Disamping itu, mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan basic lawyering melalui   mata kuliah dan workshop wajib seperti legal drafting, legal review dan legal due diligence,” jelas Atur Tetty Lubis kepada RADARMEDAN.COM, Sabtu(23/11/2019).

Setiap mahasiswa harus mengikuti minimal empat workshop yang memberikan pembekalan praktis kepada mahasiswa untuk bidang-bidang hukum bisnis dalam konteks internasional yang on-demand saat ini, seperti Intelectual Property Rights dan International Contract Law. Melalui workshop ini, lulusan S1 IBL dapat berperan sebagai sarjana hukum yang terampil dalam menangani perkara-perkara hukum antar negara. Diakhir masa studi, mahasiswa diberikan pilihan untuk menyelesaikan tugas akhir dalam bentuk skripsi, case handling improvement (bekerjasama dengan institusi hukum/law firm terkemuka), dan lawyerpreneurship project (simulasi pendirian law firm)

Legal Ethics juga menjadi perhatian besar prodi ini. “Profesi Lawyers adalah profesi yang sangat bias antara personal integrity dan billing hours atau uang. Lulusan S1 IBL diharapkan menjadi sarjana yang lebih mengedepankan etika dalam menjalankan profesinya,” pungkas Atur Tetty Lubis.

Melihat kebutuhan dan perkembangan dalam dunia bisnis, prodi ini memfokuskan prodinya dalam tiga jurusan yakni International Comparative Commercial Law, International Maritime, Air, and Space Law, serta Privacy and Cyber Security Law. Melalui ketiga jurusan ini, lulusan S1 Internasional Business Law diharapkan memiliki kemampuan yang komprehensif dalam bidang hukum bisnis internasional. Hal  ini mencakup menganalisa kasus hukum, analisa praktek regulasi dan hukum bisnis internasional, menyelesaikan sengketa bisnis internasional diluar pengadilan (alternative dispute resolution) dan legal soft skill seperti pengetahuan tentang budaya internasional, etika dan perilaku manusia.

S1 International Business Law lebih fokus kepada pengetahuan dan keterampilan praktik hukum sebagai profesional hukum yang handal dan mumpuni dalam kegiatan-kegiatan bisnis internasional antara lain, dalam pembuatan perjanjian internasional, perancangan pembiayaan internasional, perdagangan internasional, transportasi dan logistik internasional, proses merger dan akuisisi perusahaan internasional, perjanjian dan konsorsium infrastruktur dan konstruksi, perlindungan hak kekayaan intelektual, penyelesaian sengketa bisnis internasional di luar lembaga peradilan seperti mediasi dan arbitrase berdasarkan hukum dan perjanjian internasional.

Universitas Prasetiya Mulya tak lelah menyuburkan bibit-bibit pengacara bisnis yang berpotensi dalam diri mahasiswa dengan mengundang Praktisi Hukum yang prominen sebagai dosen tamu dalam perkuliahan umum seperti Prof. Dr. Topane Gayus Lumbuun, S.H., M.H. (Hakim Agung 2011-2017) dan Emmy Yuhassarie, S.H, LL.M. (Ahli hukum korporasi).

Selain perkuliahan umum, S1 IBL juga aktif dengan berbagai workshop hukum guna membahas masalah aktual yang ada di Indonesia, seperti membahas potensi dan regulasi dalam pemanfaatan dimensi udara dan ruang antariksa bersama TNI AU dan LAPAN. Dikenal dengan Faculty Member yang diwarnai oleh praktisi dan profesional, Prasetiya Mulya  mendesain proses pembelajaran yang terstruktur dan berimbang antara teori dan praktik, sehingga Sarjana S1 International Business Law Prasmul diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan keberadaan praktisi hukum bisnis internasional di Indonesia maupun secara global.(Jhon/redaksi)


TAG : sumut,hukum,pendidikan,metropolitan,medan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1709879949770_crop_88_compress1.jpg

Unik, Gubsu dan Bupati/Wali Kota Se Sumut Naik Becak Menuju Lokasi Musrenbang

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔13:45:56, 08 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Ada yang unik dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 Sumatera Utara (Sumut). Untuk menuju lokasi Musrenbang di Hotel Santika Dyandra Medan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin yang mengenakan baju adat Toba, naik becak bersama para Bupati/Wali Kota . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo