Kepala Dinas Pendidikan Karo: Belajar Dirumah Demi Keselamatan Jiwa

Oleh : Radar Medan | 25 Mar 2020, 18:46:10 WIB | 👁 341 Lihat
Pendidikan
Kepala Dinas Pendidikan Karo: Belajar Dirumah Demi Keselamatan Jiwa

Keterangan Gambar : Inilah surat edaran Menteri Pendidikan diterima Kadisdik Karo


RADARMEDAN.COM,KARO-Dampak merebaknya Virus Corona Disease (Covid-19) di seluruh dunia, tidak hanya mengancam keselamatan manusia, kekacauan perdagangan dunia maupun dibatasinya setiap aktifitas yang menyangkut orang banyak, tetapi berdampak juga kepada dunia pendidikan. 

Dengan berbagai pertimbangan dan kajian yang matang guna mencegah penyebaran Covid-19 akhirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim terpaksa menerbitkan Surat Edaran Nomor : 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Darurat Corona Virus Disease (Vovid-19).

Dengan terbitnya Surat Edaran Mendikbud RI bernomor : 4 Tahun 2020 maka pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2020 pun di batalkan, termasuk Uji Kompetensi Keahlian 2020 Sekolah menengah kejuaruan.

Selanjutnya di poin b, dalam SE itu disebutkan juga, Dengan dibatalkannya UN Tahun 2020 maka keikutsertaan UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sedangkan pada poin C. Disebutkan, dengan dibatalkannya UN Tahin 2020, maka proses penyetaraan bagi lulusan program Paket A, program paket B, dan program paket C akan ditentukan kemudian.

Hal itu dikatakan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karo, DR Drs Eddi Surianta Surbakti, melisankan SE Mendikbud RI Nadiem Makarim, Rabu (25/3) di Kabanjahe.

Menurutnya dialam surat edaran menteri itu, disebutkan juga Proses Belajar dari Rumah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut ; a. Belajar dari rumah melalui pembelajaran/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebano tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulim untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. b. Belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lainengenai pandemi Covid-19. c. Aktifitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah, dapat berfariasi antar siswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dirumah. d. Bukti atau produk aktifitas belajar dari rumah diberi umpan balik yang bersifat kwlitatif san beeguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kwantitatif," terang Eddi.

Selanjutnya pada poin ke 3. Ujian sekolah untuk kelulusan dilaksanakan denhan ketentuan sebagai berikut. a. Ujian sekolah untuk kelulusan dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya Surat Edaran ini. b. Ujian sekolah dapat dilakukan dalam bentuk oortofolio nilai raport dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya. c. Ujian sekolah dirancang untuk mendorong aktifitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh. d. Sekolah yang telah melaksanakqn ujian, sekolah dapat menggunakan nilai ujian sekolah untuk menentukan kelulusan siswa.

Kemudian, Bagi sekolah yang belum melaksanalan ujian sekokah berlaku ketentuan sebagai berikut. 1. Kelulusan Sekolah Dasar (SD)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai 5 semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester ganjil). Nilai semester genap kelas 6 dapat digunalan sebai tambahan nilai kelulusan.2. Kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai 5 semestrr terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagao tambahan nilai kelulusan. 3. Kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktek kerja lapangan, portofolio dan nilai praktek selama lima semestet terakhir. Nilai Semester genap tahin terakhir dapat digunakan sebagai nilai kelulusan. 4. Kenaikan kelas dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut : a. Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dalam bentuk tes yang mengumpillan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya Suarat Efaran ini. b. Ujiam akhir semestet untuk kenaikan kelas dapat dilakakn dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan tes daring, dan/ atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya. c. Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancamg untuk mendorong aktifitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh. 

"Selanjutnya poin ke 5. Tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) dilaksanakqn ketentuan sebagai berikut. a. Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covi-19, tetmasul mencegah berkumpulnya siswa dan otang tua severa fisil disekolah. b. PPDB pada jalur prestasi dilaksanakan berdasarllkan, 1. Akumulasi nilai rapor ditentukam berdasarkan nilai lima semestet terakhir ; dan/atau. 2. Prestasi akademik dan kon akademik diluar rapor sekolah," ujar Kadis Diknas merinci.

Disinggung tentang kwalitas pendidikan siswa akan berdampak pada penurunan bila siswa belajar dirumah. Menjawab pertanyaan wartawan, Kadis Diknas Pemkab Karo mengatakan, diupayakan untuk tidak menurun kwalitas belajar anak.

" Tapi yang terpenting kan keselamatan jiwa anak didik didahulukan,"tuturnya(RT/RM)


TAG : karo,daerah,pendidikan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20200408-WA0002.jpg

Pasien PDP Asal Tapteng Meninggal di RSUD Pringadi Medan

KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔22:06:02, 08 Apr 2020

RADARMEDAN.COM, TAPTENG - seorang warga Tapanuli Tengah yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal Dunia Rabu (08/04/2020) pukul 02.00 WIB Dini hari di Rumah Sakit Pringadi, Medan. Hal tersebut disampaikan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam Konferensi Pers pada Rabu (04/08/2020) pagi.  Bupati Tapanuli . . .

Berita Selengkapnya
IMG_20200408_190213.jpg

Penerima Bantuan Difoto Sebagai Orang Tidak Mampu Penerima Bantuan Viral di Medan

METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔19:09:24, 08 Apr 2020

RADARMEDAN.COM - Sebuah foto yang menunjukkan beberapa warga penerima bantuan sembako memegang kertas bertulisan 'Saya orang tidak mampu penerima bantuan' beredar di Medan. Pemko Medan pun diminta menegur Camat Medan Belawan terkait foto itu. "Harapan saya Pemko Medan agar memberikan teguran kepada pihak kecamatan agar tidak . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200408-WA0000_compress5.jpg

Positif COVID-19, Warga Berastagi yang Dirawat di RS Columbia Mulai Membaik

KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔17:58:35, 08 Apr 2020

RADARMEDAN.COM,KARO- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Irma Sembiring menanggapi tentang satu pasien warga Berastagi yang dinyatakan positif sedan dalam perawatan di RS Columbia kini semakin membaik. Bahkan keluarganya telah dilakukan rapid tes dan hasilnya negatif. Atas peristiwa ini diharapkan warga Tanah Karo tetap tenang namun waspada dan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1586320528272.jpg

Personil Polsek Pangururan dan Koramil Imbau Warga Jaga Jarak dan Jauhi Kerumunan

DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:42:33, 08 Apr 2020

RADARMEDAN.COM, PANGURURAN - Personil Polsek Pangururan gencar memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah guna meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19), Selasa (07/04/2020)malam.  Himbauan diberikan langsung oleh Kanit Patroli Bripka Lewi S Malau dan Kanit Intel Bripka Inmas Wijayanto bersama . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200407-WA0035.jpg

Terkait Penanganan Covid-19 Bupati Asahan Video Conference dengan Mendagri

DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:59:30, 08 Apr 2020

RADARMEDAN.COM, ASAHAN - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pimpin rapat penanganan percepatan covid-19 dengan beberapa menteri yang terkait dalam penanganan percepatan covid-19 dan Kepala Daerah baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang ada diseluruh Indonesia dengan menggunakan Video Conference. Dalam Video Conference tersebut . . .

Berita Selengkapnya
transaksi_ptpn2.jpg

Transaksi Lahan Eks HGU PTPN II 152 Miliar Ditengah Wabah Corona Dipertanyakan Pegiat Anti Korupsi

UMUM 👤Radar Medan 🕔21:59:21, 07 Apr 2020

RADARMEDAN.COM -- Kuasa hukum enam aktivis antikorupsi yang melaporkan dugaan korupsi penjualan lahan eks hak guna usaha PTPN II ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Februari lalu, mempertanyakan transaksi penjualan lahan eks HGU PTPN II kepada Pemerintah Sumatera Utara, untuk pembangunan sport center senilai Rp 152 miliar, kemarin, ditengah . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200407-WA0019.jpg

Data Update Hari Ini 2 PDP dan 106 ODP di Asahan

KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔18:47:33, 07 Apr 2020

RADARMEDAN.COM, ASAHAN - Update data jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 106 orang, Pasien Dalam Perawatan (PDP) 2 orang dan bebas pemantauan 19 orang akibat wabah Virus Corona (Covid 19) di Kabupaten Asahan. Hal ini disampaikan Kadis Kominfo Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar selaku juru bicara Pemkab Asahan, Selasa . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200407-WA0018.jpg

DPRD Karo Rapat kerja dengan Tim Gugus Tugas Bahas Penanganan Covid-19

POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:31:32, 07 Apr 2020

RADARMEDAN.COM, KARO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karo menggelar Rapat kerja(raker) bersama Tim Gugus Tugas(gustu) penanganan Covid-19 dan OPD terkait untuk membahas situasi yang berkembang di wilayah Tanah Karo, Selasa (7/4/2020) pukul 11.00 WIB diruang rapat DPRD Kabupaten Karo.  Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan dalam . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200407-WA0017_compress61.jpg

Diduga Korsleting Litrik, Dua Rumah Terbakar di Asahan

DAERAH 👤Radar Medan 🕔18:09:56, 07 Apr 2020

RADARMEDAN.COM, ASAHAN - Sebanyak dua rumah di Jalan Mangga Kelurahan Kedai Ledang Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan hangus terbakar, Selasa (07/04/2020) sekitar pukul 12.15 WIB. Demikian diterangkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kabupaten Asahan, Sofian Manulang kepada wartawan di tempat . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200407-WA0026.jpg

Bupati Tapteng Berikan Bantuan Beras kepada Tukang Becak Bermotor

DAERAH 👤Radar Medan 🕔18:03:12, 07 Apr 2020

RADARMEDAN.COM, TAPTENG - Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan langsung bantuan 1,5 Ton beras kepada abang tukang becak bermotor di kantor Bupati Tapanuli Tengah, Senin (06/04/2020).  Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan semakin merebaknya penyebaran Virus Corona (COVID-19) tidak hanya berdampak . . .

Berita Selengkapnya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution

Video Terbaru

Lihat Semua Video