Kenakan Pakaian Adat Toba, Bobby Nasution Tunjukkan Keberanian Membawa Perubahan

Oleh : Radar Medan | 02 Jun 2021, 19:12:53 WIB | 👁 2858 Lihat
Seni & Budaya
Kenakan Pakaian Adat Toba, Bobby Nasution Tunjukkan Keberanian Membawa Perubahan

RADARMEDAN.COM - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution memakai pakaian adat Toba di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Pesan apa yang ingin disampaikannya?

Ya, pada Selasa 1 Juni 2021, Bobby memilih memperingati Hari Lahir Pancasila dengan tampil beda. Saat tampil di depan publik untuk peringatan Hari Lahir Pancasila, Bobby Nasution tampak mengenakan pakaian adat Toba.

Dengan pakaia kebesaran Toba yang mayoritas dominasi warna merah dengan bahan ulos itu, Bobby Nasution tampak gagah. Terlebih juga Bobby memegang tongkat panjang berukir etnik.

Melihat itu, Kepala Badan Kebudayaan (BKN) Sumatera Utara, Idris Pasaribu bilang bahwa Bobby Nasution ingin mencerminkan Bhineka Tunggal Ika yang beragam namun memiliki rasa kebersamaan yang tinggi.

"Saya menyatakan Bobby memang seorang nasionalis sejati. Sebagai etnik Mandailing tapi dia memakai pakaian Toba, menunjukkan sikap bahwa di Sumut, etnik itu adalah milik bersama," kata Idris Pasaribu Selasa (1/6/2021) sore.

Apakah itu pakaian adat yang biasa dipakai saat perang dahulu?

"Saya tidak melihat itu pakaian perang, tapi pakaian adat dalam berbagai upacara adat," lanjut Idris.

Menurut Idris lagi, Medan adalah kota beradat dan beradab dan pembangunannya dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan penuh dinamika yang beradab.

"Beradab lebih tinggi dari bermartabat," pungkas Idris Pasaribu menekankan.

Budayawan macam Irwansyah Harahap pun berkomentar positif terhadap pilihan Bobby Nasution mengenakan pakaian adat Toba.

Menurutnya dengan pakaian adat Toba, Bobby ingin menunjukkan semangat keberagaman atau pluralitas masyarakat kota Medan.

"Kebetulan dalam rangka hari kelahiran pancasila tahun ini beliau memilih puak Toba. Pesan yang bisa disampaikan adalah wali kota menyiratkan bahwa kerja perubahan dalam menata kota, ekspresi kebudayaan masyarakat menjadi hal penting, sebagai gambaran dan citra kota," papar Irwansyah.

Yang menarik adalah analisisnya, bahwa Bobby Nasution juga ingin menunjukkan keberanian dalam menyongsong perubahan.

"Tunggal panaluan" yang dipegang merupakan simbol "keberanian" untuk memulai atau menginisiasi segala bentuk perubahan kota, menjadi lebih baik ke depan," beber Irwansyah.

Senada, Budayawan yang juga peneliti Balai Bahasa Sumut Suyadi San mengatakan orang-orang Medan ini memiliki sikap terbuka kepada kaum pendatang.

Apalagi sejak menjadi govermen, Medan tersegregasi ke dalam beberapa tempatan. Medan pun menjadi kota yang multikultur.

"Jika hari ini Bobby mengenakan pakaian Batak/Toba, itu bisa diartikan dia menghargai keberadaan suku Batak di kota ini. Besok-besok bisa saja dia mengenakan pakaian adat Pakpak, Karo, Melayu, bahkan Jawa atau Aceh. Jangan lalu diartikan lain," kata Suyadi San yang juga Pimpinan Teater Generasi Medan.(rls/PR). 


TAG : medan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20210803-WA0000_compress48.jpg

Polrestabes Medan Rilis Kelima Pelaku Penyiraman Air Keras Terhadap Wartawan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:13:08, 03 Agu 2021

RADARMEDAN.COM - Kepolisian Polrestabes Medan berhasil mengungkap kelima pelaku penyiraman air keras terhadap wartawan online di Medan, Sumatera Utara. Hal ini disampaikan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko yang didampingi Plt Kasat Reskrim, Kompol Rafles Marpaung, saat konfrensi pres di Halaman Mapolrestabes Medan, Senin . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20210729-WA0007_compress98.jpg

Berkat Transformasi Berkelanjutan, Kinerja Keuangan PLN Tetap Positif Saat Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔15:58:10, 29 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Di tengah tekanan pandemi Covid-19, PLN berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 6,6 triliun hingga semester I 2021.  Berdasarkan Laporan Keuangan Konsolidasi PLN semester I 2021 (unaudited) yang diterbitkan pada tanggal 28 Juli 2021, pencapaian laba perusahaan ditopang kenaikan penjualan tenaga listrik serta . . .

Berita Selengkapnya
b8c1050c-21de-4121-9769-eec6bfcd32a7.jpg

Kawasan Perbukitan Tongging Kembali Terbakar, Puluhan Hektar Area Menghitam

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔11:19:03, 29 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, KARO -  Kawasan perbukitan desa Tongging, kecamatan Merek, kabupaten Karo kembali terbakar pagi ini, Kamis 29 Juli 2021 sekira pukul 09.50 WIB. Informasi yang diperoleh wartawan dari lapangan kebakaran ini berawal dari pinggiran perladangan atau jalan menuju Paropo. Salah seorang anggota Forhidos, Jentri Tamsar mengatakan . . .

Berita Selengkapnya
PDIPKECAM.jpg

Arteria Dahlan Kecam Oknum yang Lindungi Enam Kader Eks PDI Perjuangan Samosir

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔19:26:53, 28 Jul 2021

RADARMEDAN.COM - Dinamika politik yang terjadi di Kabupaten Samosir terus bergulir. Setelah sebelumnya ada indikasi money politics pada pilkada Samosir, kini PDI Perjuangan menyoroti enam eks kader yang telah dipecat, namun masih membawa bendara Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Samosir.  Menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Hukum Badan . . .

Berita Selengkapnya
kapoldamui.jpg

Pembunuhan Ketua MUI Labura Ternyata Sudah Direncanakan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔19:11:58, 28 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Polisi akhirnya menetapkan Suprianto alias AD (35) sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana. Dia diduga telah merencanakan pembunuhan terhadap Ketua MUI Labuhanbatu Utara (Labura) Aminnur Rasyid Aruan (50). Hal tersebut terungkap saat paparan kasus yang disampaikan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra . . .

Berita Selengkapnya
muilb.jpg

Ketua MUI Labura Dibunuh, Pelaku Sembunyi di Kebun Sawit, Ditangkap Kedua Kakinya Ditembak

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:11:07, 28 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU, Tidak butuh waktu lama, Kepolisan Polres Labuhanbatu berhasil meringkus pelaku pembuhan keji terhadap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Labuhanbatu Utara (Labura), H Aminurrasyid Aruan (50) warga Jalan Dorowati, Wonosari Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Labura. Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan . . .

Berita Selengkapnya
soechi.jpg

Wali Kota Medan Tinjau Bangunan Ex Hotel Soechi yang Akan Dijadikan Lokasi Isolasi Mandiri

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔21:33:02, 14 Jul 2021

RADARMEDAN.COM - Wali Kota Medan, Bobby Nasution meninjau langsung bangunan ex Hotel Soechi yang berlokasi dijalan Cirebon. Kec. Medan Kota, Rabu (14/7). Rencananya bangunan yang terdiri dari 12 lantai dengan kapasitas 247 kamar ini akan dijadikan lokasi alternatif bagi masyarakat kota Medan yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar virus . . .

Berita Selengkapnya
be1f8cc5-293b-4bf7-97b9-f86c613a1b36.jpg

Akhirnya Polisi Ungkap Otak Pelaku Pembakaran Rumah dan Penyerangan Dialami Wartawan Binjai

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:16:14, 14 Jul 2021

RADARMEDAN, BINJAI - Aksi pembakaran rumah dan penyerangan yang terjadi beberapa waktu lalu dialami wartawan Metro24, Syahzara Sopian, di Binjai, Sumatera Utara, penuh dengan teka-teki dugaan siapa otak pelakunya.  Akhirnya Unit Sat Reskim Polres Binjai memaparkan telah berhasil mengungkap otak pelaku pembakaran rumah dan . . .

Berita Selengkapnya
PPKM.jpg

PPKM Darurat Diberlakukan di Medan, Bobby Nasution Imbau Masyarakat Tidak Panic Buying

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔07:26:38, 12 Jul 2021

RADARMEDAN.COM, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan yang akan dimulai, Senin (12/7) sampai 20 Juli 2021 untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (9/7). Medan menjadi salah satu dari 15 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali untuk memberlakukan PPKM . . .

Berita Selengkapnya
jrs.jpg

Perkuat Pembelajaran di Masa Pandemi, Dosen Unimed Dampingi Guru Mengembangkan E-Modul Interaktif

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔21:18:18, 10 Jul 2021

RADARMEDAN.COM - Tim Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed) memberikan pendampingan dalam mengembangkan E-Modul kepada guru-guru mata pelajaran Sejarah yang tergabung dalam Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sumatera Utara, Sabtu (10/7/2021).  Program Kemitraaan pada masyarakat (PKM) mengangkat tajuk . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo